Dua Koto Terima Bantuan dari Depdagri

Pasaman- Tahun 2010 mendatang sebanyak 12 kecamatan di Kabupaten Pasaman akan menerima bantuan dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MP) dari pemerintah pusat melalui Departemen Dalam Negeri (Depdagri).

Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pasaman, Mara Ondak   di kantornya mengatakan,bantuan tersebut diberikan secara khusus oleh pemerintah pusat untuk melanjutkan pembangunan yang berbasis masyarakat di Pasaman dengan target tujuan peningkatan kesejahteraan rakyat.Disamping itu juga bentuk apresiasi pusat terhadap Pasaman atas keberhasilan pembangunannya dalam beberapa tahun terakhir ini.

Katanya, dana tersebut akan diterima masing-masing kecamatan dan kegunaannya akan diperuntukkan dari sisi kebutuhan masyarakat yang ada di kecamatan itu dengan konsep menyentuh langsung kepada rakyat. Bagi kecamatan yang masih memiliki minim infrastruktur akan lebih di fokuskan penggunaan dana itu ke arah pembangunan. Besar yang diterima masing-masing kecamatanpun berpariasi dilihat dari sisi kebutuhan dan geografisnya.

Adapun 12 kecamatan yang akan menerima bantuan itu adalah kecamatan Tigo Nagari, kecamatan Simpang Alahan Mati (Simpati), kecamatan Lubuk Sikaping, Kecamatan Dua Koto, Kecamatan Panti, Kecamatan Padang Gelugur, Kecamatan Rao, Kecamatan Rao Utara, kecamatan Rao Selatan, Kecamatan Mapat Tunggul, dan kecamatan Mapat Tunggul Selatan.

“Besaran yang diterima masing-masing kecamatan disesuaikan dengan tingkat kebutuhan, sebab kondisi satu kecamatan dengan kecamatan lain berbeda. Untuk kecamatan yang masih terkendala infrastruktur akan diberikan dana besar,” katanya.

Disamping itu, nantinya kecamatan penerima akan melihat sisi keefisianan penggunaan dana tersebut. Bagi kecamatan yang sudah maju pembangunan infrastrukturnya tidak lagi menggunakan dana itu untuk pembangunan fisik. Namun lebih ditekankan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat secara langsung. Misalnya, sosial, koperasi, simpan pinjam dan lain sebagainya, tentunya dengan mengikuti prosedur yang berlaku.

“Sehingga implementasinya benar-benar dirasakan masyarakat secara langusung,” ujarnya.

Pelaksanaanya dikatakan Mara Ondak jika tidak aral melintang awal tahun 2010 nanti sudah jalan, dan saat ini pihak Pemkab. Pasaman tengah mempersiapkan segala sesuatu kelengkapan ataupun penunjang untuk melaksanakan program tersebut. Mengenai besaran total dana, Mara Ondak belum mau memberikan kepastian karena dana itu sendiri masih berada di pusat. “Nantilah, sekarangkan masih tahun 2009, yang jelas dananya besar untuk 12 kecamatan itu,” ujarnya. SURYANDIKA

2 Tanggapan

  1. kmi dri msyarakat kp.tngah jor.petok.ngri panti,kec.panti-pasaman.
    kmi brharap prgam PNPM MP utk kec.panti bsa d anggarkan utk pmbngunan jlan,mngngat skrg jlan nya rsak brat.kmudian sngat mnghmbat lju nya prekonomian masyarakat.
    terima kasih…. MP utk kec.panti bsa d anggarkan utk pmbngunan jlan,mngngat skrg jlan nya rsak brat.kmudian sngat mnghmbat lju nya prekonomian masyarakat.
    terima kasih….

  2. udah cair blm pk????????????
    cair nya di mana pk???????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: