Dua Koto Kecamatan Termiskin di Pasaman

Hingga saat ini di Kabupaten Pasaman, dari 12 kecamatan yang berada di daerah ini, Kecamatan Dua Koto merupakan daerah termiskin di wilayah Kabupaten Pasaman. Kemiskinan daerah ini diperparah lagi karena dari luas daerahnya umumnya lahannya Hutan Lindung (HL).  Wajah kemiskinan terasa begitu cerah di Kabupaten Pasaman, 48 persen dari 243.451 jiwa penduduk kabupaten ini terjerat dalam nyayiankemiskinan.  Berdasarkan catatan Kecamatan Dua Koto 51 persen warganya termasuk miskin. Sedangkan rangking kemiskinan di Kabupaten Pasaman berdasarkan data terakhir kompensasi BBM melalui Bantuan Langsung Tunia (BLT), Pasaman termiskin kedua setelah Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan prosentase 48 warga Pasaman miskin. Artinya, data itu dapat disimpulkan bahwa jika ada dua orang warga Pasaman berjalan kaki, satu di antaranya adalah warga miskin. Terkuaknya Kecamatan Dua Koto selaku kecamatan termiskin, cukup mengherankan. Pasalnya, potensi alamnya sangat berlimpah. Seharusnya potensi itu bisa dijadikan bernilai ekonomis. Namun, kendalanya di wilayah itu terdapat hutan lindung yang sangat luas. Sisi lain, hutan budi daya yang dapat diolah untuk pembangunan ekonomi rakyat jumlahnya sangat kecil.

Tak satu pun usaha yang bisa dikerjakan secara sempurna, apalagi bila hujan telah mengguyur kecamatan ini, Sebab  warga t idak bisa menjalankan profesinya untuk memotong karet, sebab akan berdampak fatal bagi pertumbuhan tanaman karet mereka itu.

Jika ini bisa diolah, dipastikan Kecamatan Dua Koto yang termiskin di Pasaman, bisa bangkit mensejajarkan diri dengan daerah laian. Malah sangat terbuka kemungkinan daerah ini bakal menjadi daerah termakmur dan terkaya.  Hal ini tentunya sebangun dengan visi misi pemerintah daerah Pasaman yakni Mensejahterakan masyarakat melalui sumber daya yang ada dengan pemerintahan yang baik.  Boleh saja pejabat pemerintah ngomong, tak ada lagi kantong-kantong kemiskinan di daerah yang ngakunya Petrodollar. Kalau ada hanyalah akibat kemalasan dan pendidikan yang rendah. Namun, fakta tak bisa dipungkiri. Kemiskinan itu ada di mana-mana. Termasuk di daerah yang dikerubungi investor kelas kakap.
Hasrat masyarakat setempat terlepas dari belenggu kemiskinan begitu besar. Namun, bagaimanapun kerasnya masyarakat berupaya, tetap saja tak mampu mengangkat ketertindasan yang dirasakannya. Masa depan cerah yang terpancar di pelupuk wajah generasi muda di jorong itu, masih sebatas angan. Andika

24 Tanggapan

  1. Saya putra asli Kuraba Jorong Batang Tuhur Nag. Cubadak Kec. Dua Koto, Pasaman. mengharapkan perhatian kusus pemerintah terhadap masyarakat Kuraba agar kami dapat meningkatkan Ekonomi kami, kami belum menikmati PLN, dan bangunan infrastruktur penunjang ekonomi yang sangat minim. dan wilayah kami hampir 80% hutan lindung sedangkan kami bertani. Kami perlu perhatian dan bimbingan yang tepat.

  2. Untuk membangun Kecamatan duo koto, nagari cubadak sangat tergantung dari masyarakat di kecamatan duo koto dan nagari cubadak itu sendiri, sudah saatnya masyarakat menjadi tuan rumah dinegeri sendiri, mari kita lihatkan jati diri kita, kita tonjolkan kesamaan dan kita perkecil perbedaan,kita kaji asal usul nenek moyang kita agar rasa persaudaraan bertambah kuat, dan untuk para perantau marilah kita bangun kampung kita, negeri kita. Yakinlah bahwa negeri cubadak adalah negeri yang kaya alamnya dan masyarakatnya sangat ramah, berbudi pekerti yang tinggi dan mempunyai adat istiadat yang tinggi. Hita do na mamikirkon, alak na mengerejoon dan hita sude na menikmati. Bravo…cubadak-duo koto.

  3. serlaku warga pasaman asli ami cukup merasa prihatin dengan keadaan pasaman khususnya duo koto… kita sama2 tau klu pasaman memiliki kekayaan yang melimpah dari daerah lain. namun, mungkin birokrasi pemerintahanlah yang kurang mendukung….

    walaupun saya tdk tinggal d duo koto, tapi ami d4 merasakan kesedihan ini. mudah2 an kita bisa bangkit menjadi pasaman jaya!!!!

    CHAYOO!!!!!

  4. saya putra asli andilan desa setia kecamatan dua koto pasaman.mohon perhatian dari pemerintah setempat khususnya ibu kota provinsi untuk menindaklanjuti daerah-daerah yang sangat prihatin khususnya daerah kecamatan dua koto.tanpa di sadari ini akan menjadi dampak bagi seluruh masyarakat pasaman,mungkin tidak mau di jadikan masyarakat termiskin untuk pasaman.mari kita sama-sama membangun daerah kita ini, tidak luput dari ibukota sebagai pemerhati.saya sungguh terharu daerah asli saya disebut sebagai daerah termiskin.

    nstary82@yahoo.com
    andilan desa setia kecamatan dua koto pasaman
    sumbar
    wass.

    • au asli putra andilan mon duo koto,walaupun saya tidak tiggal di duo koto , saya sangat respon sekali buat tanah kelahiran,,,,,,,,,,,,,,,,maka dengan itu Bpk-bpk Bupati beserta wakil,,dan jajarannya… tolong perhatian kec.duo koto,,maaf. jangan hanya ada maunya baru dilirik…………

  5. Saya asli alak barilas jae,jorong perdamaian,kenagarian simpang tonang,kecamatan dua koto.au merasa prihatin dengan kampung saya sendiri yang semakin lama bertambah parah aja terutama masalah pembangunan contohnya: jalan dan lampu(pln) seingat saya utk pembangunan jalan baru sekali di aspal seumur hidup saya dan sekarang udah hancur jadi jalan tanah sedangkan pln tdk pernah masuk jadi tolong utk pemimpin dan intansi terkait lbh memperhatikan kami karna kami juga bayar pajak.tlg juga utk DPRD terpilih jgn cuma janji kepada masyarakat dan setelah terpilih lupa akan janji2nya.karna kami juga igin merasakan kemerdekaan yg sebenarnya.

  6. ” rap marpikir be ma hita sasudena”mari kita bangkitkan rasa gotong royong demi kemajuan dua koto.

  7. saya putra dari andilan,kect.duo koto, sangat sedih sekali mendengar berita ini, mohon kepada bpk/ibuk yg berwenang uuntuk menggali lagi,,dan mengkaji hasil apa-apa yang bisa di hasilkan dari duo koto, baik dari pejabat kecamatan,kabupaten dan apa lagi dari propinsi,,,sebelumnya terima ksih…..

  8. au alak sibodak ,pasna di jorong bandar mas.moro tombang ima golar ni ampung na.tading na nari d panyabungan,sikola dope.sonjia mantong ibohon,ita juo de dabo nasala. adong tano inda bisa iba mangkarejoon na.jabat dikareejoon adongma namandokon tano ni ompung dei,marbada jadina.inda dikarejoon songonima bo.adat tai do dabo na jadi panghalang.di tambah muse adong pemilu,nadipili caleg namalehen pitih do.angkonna sadar do ita sudena baru so bisa ita mamajuon dua koto nitai.poso2 nai pe inda uboto ntong kok nasodong pitih ato memang na sora sikola.

  9. Assalamualaikum : saya putra andilan ampung pote, Mohon Pak Bupati untuk program ekonomi keraknyatan baik dari Pusat,Prof dan Kab untuk dialokasikan ke Duo Koto, Thank.

  10. Na jelas SDM na jolo di be
    nahi.sondia hi ta ken maju klau sumber daya mnusia
    na.dan cara marfikirna pcik..?

  11. au alak asli andilan, hilangkan keprihatinan mari kita bergotong-royong membersihkan hati nurani masing-masing untuk membangun daerah kita sendiri….terima kasih….

  12. LSM DUO KOTO:……kami ,jajaran pengurus LSM DUO KOTO<merasa sangat kecewa ,pada kawan kawan ,yg menulis di atas,,,duo koto itu kecamatan yg kaya raya..!hasil bumi nya melimpah ,masyarakat nya ber ilmu…banyak warga nya jadi pejabat,,banyak warga nya jadi pemimpin di daerah lain,,,masyarakat nya kaya ide ,,pendeknya,,duo koto pantasnya di sebut daerah ADI DAYA,,,namun di mana ,titik masaalahnya,,,…menurut hemat kami,,kurang nya ,,jauh nya,,tangan PEMDA<<, dari masyarakat itu sendiri,,jika ,anda tinggal di duo koto,anda akan rindu jumpa pejabat,,anda akan rindu jumpa pk camat,..padahal masyarakat itu pusat nya ide, masyarakat itu pusat nya pengalaman,,..yg mengerti problem suatu daerahg itu ,yg pertama penghuni nya,,karna tidak semua ,syistem yg baik di daerah lain sesuai di daerah duo koto,,…untuk itu,kami menghimbau kpd bpk bpk yg menjabat ,turun lah ke lapangan,biasakanlah, ngopi di warung,makan di pasar,,upacara di sekolah negri,,ikut nonton ronggeng,,ikut ngambil ikan larangan,,pendeknya,bermasyarakat lah pak,,itu juga ,akan menghemat biaya bpk ketika PEMILU lagi,,karna warga yg mengenal anda di warung,akan merasa bpk adalah keluarganya,……….wasalam LSM PMDK…

    • sngat antuias skali mlihat LSM PMDK dngan kcintaannxa pada dua koto…
      nmun d’sni bkan hnya pjabat dn pmrintah yg tak ingin sosialissi, tpi pkok p’msalahannya,,,
      pmrintah yng sok tau, dan msyarakat yg tak mau tau…
      jka ingin stu kmjuan bljar lh dri KECINTAAN ( saling berbagi ), pmerintah b’sma msyarakat sling mndukung dan tdak ada istilah
      SOK TAU DAN TAK MAU TAU.

  13. KOLOM INI COCOKNYA DI HAPUS AJA,,BROO

  14. prihatin…saya warga simpang kalam kec duo koto..merasa tingkat SDM memang masih rendah..ini lah yag seharusnya manjadi perhatian pemda pasaman….bantuan dalam bentuk apapun kepada masyarakat duo koto harus di tindak lanjuti dengan pembinaan dan pemberdayaan jangan di lepas begitu saja sehingga hasilnya akan maksimal..peran dari pemuka masyarkat juga sangat di perlukan di sini…???

  15. ass,,,,,,,,saya putra asli padang nunang kenagarian simpang tonang,saya juga sangat prihatin dengan daerah dua koto khusus kampung padang nunang,,,,,,,,,,mari kita tingkatkan semangat gotog ronyong,,,bersama kita bisa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  16. Duo koto.penuh dgn= hasat,de ngki,hasut dan fitnah.,…

  17. Au de kaen mak mon andilan,, jadi sngonon do dbo uda,. tringot d’ampung ta dua koto on me,,,
    kiro-kiro sonjia do laah na ken terbaik ken di ampung taon,,,
    nda dong ku ida poso-poso i be, krejo pe lopeh – lopeh panabusi idup medo,,,
    aha do laah gbrekan ni pemrintah on..
    ijia do laah mambangkik btang tarandam on…?????

  18. Asslmu alaikm au,mon slang opat.dmisili i mdan,na jlas prsatuan dn kesatuan sngt minim d hti a lak kec.duo k oto.itu d sbb kan bgitu md ahnya,seorng pmuka adat,n inik mmak,ali m ulama trma kan isu dn go sip,tnpa klari fikasi trlebih d ahulu,anjuran sya tuk mmu tuskn ktentuan stu msalah,buat lah rmus dgn angka ‘6 dn 9 yaitu mlihat msalah dri br bgai sisi…

  19. na kojam kojm dabo halk di dolk kan koum

  20. Na jlas,kolo ji ot mju,blajar tu pndapot alak na mju,ko lo jiot pntar pabahat mam baco buku,sbb bku dot pnge tahuan adalh jndela dunia. Sndia ken ma ngida dunia tnpa jndela.? Mksdna somp atkn mmbaco koran,literatur dot artikel2 na mmbangun.ulang mmbaco rmus tgel dot novel hanny arow….

  21. Oo lae hilman idia amu tding ..?.inda bhon kjam na lae.i me realita na hta hdopi d masyrkt duo koto,kolo d lo po kopi ia ma na olona sude tpi kolo mngh dopi kepling sajo pe song na i labng dma dila nia.
    Inda tlap mangecek,apo lgi mnghdopi polisi marroan nma oyo nia.
    Sondia mantng na jrang do tu to nga ni alak na bhat…inda olo na udkon i lae

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: